Sampah Capai 65 Ton Perhari, DLH Wacanakan Bangun TPS-3R

LAHAT,KOMPASNEWS.ID//-Tingginya sampah yang di hasilkan warga Lahat setiap harinya menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat. Sampah yang di hasilkan berbagai macam, mayoritas sampah yang di hasilkan adalah sampah rumah tangga.

Tak tanggung-tanggung sampah yang masuk ke TPA hingga 65 ton perharinya. Hal ini di sampaikan Kabid Pengelolahan Sampah B3 dan Peningkatan Kapasitas, Siti Zaleha, ST.MT usai menerima bantuan dua unit dum truk untuk operasional angkutan sampah dari Management PT Priamanaya Energi Grup di halaman Pemkab Lahat kemarin.

Untuk menanggulangi masalah ini pihaknya saat ini terus bersosialisasi kemasyarakat. Selain itu pihaknya sedang mengoptimalkan untuk pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) di setiap kecamatan hingga di kelurahan.

“Untuk saat ini kami terus mengupayakan agar kedepan di setiap kecamatan bahkan kelurahan ada TPS-3R agar sampah dapat di optimalkan dengan baik dan bermanfaat,” Jelas Siti Zaleha. Selasa (12/10/21).

TPS-3R itu sendiri adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Selain itu untuk meningkatkan kualitas hasil pengomposan akan diterapkan teknologi kompos cacing.

İa pun berharap agar di setiap kecamatan ada TPS-3R. Saat ini pihaknya masih mengusulkan ke kementerian karena dana pembangunan TPS-3R menurut Siti Zaleha bersumber dari anggaran pusat.

“Untuk sementara kami berharap setiap kelurahan ada TPS dan bentor nya agar kami nantinya tinggal mengangkut dari TPS ke TPA dengan truck sampah serta meminimalisir sampah yang berceceran” harapnya.(KN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *