H.deswan Irsyad Pimpin Rapat rapat Fasilitasi pelaksanaan Penelitian dan FGD kegiatan penelitian komoditas produk dan jenis usaha (KPJU)unggulan

.

Kompasnews.id
Sumsel-Lahat//-Bertempat di opproom Setda Lahat hari ini,Rabu(22/09) Pj sekda Lahat Drs.Deswan Irsyad,M.Pdi pimpin langsung rapat Fasilitasi pelaksanaan Penelitian dan FGD kegiatan penelitian komoditas produk dan jenis usaha (KPJU)unggulan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,Kepala Bappeda, Kepala Balitbang, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis TPHP, Kadis Perikanan, Kadis Perkebunan, Kadis Perdagangan, Kabag Ekonomi, Kabag Hukum, dan Kepala BPS Lahat.

Dalam laporanya Peneliti Komoditi, Produk dan Jenis Usaha (KPJU) unggulan Provinsi Sumsel yang merupakan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya Palembang Drs.M. Yamin Hasan,menyampaikan, dalam kegiatan KPJU ini memiliki tujuan untuk mengenal dan memahami profil daerah, profil UMKM di wilayah penelitian serta kebijakan pemerintah terkait pengembangan UMKM.

Di samping itu di harapkan dapat memberikan informasi tentang KPJU Unggulan yang perlu mendapat prioritas untuk dikembangkan ditingkat Kabupaten dan Kecamatan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi daerah, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan daya saing produk.

“Tujuan dari penelitian KPJU ini juga untuk memberikan informasi dan permasalahan yang timbul dari masing- masing KPJU Unggulan lintas sektoral di kabupaten dan memberikan informasi tentang KPJU yang berpotensial serta memberikan rekomendasi kebijakan kepada Pemda untuk pengembangan KPJU Unggulan, “jelasnya.

Pj.Seketaris Daerah (Sekda) Lahat Drs.H.Deswan Irsyad dalam arahanya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan,sebagai daerah yang memiliki produk dan jenis usaha unggulan, Kabupaten Lahat mempunyai produk merupakan hilirisasi komoditas dan berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar serta yang mengikuti kegiatan ini dapat bermanfaat.

“Kami berharap dengan adanya penelitian KPJU ini tentu dapat menjadi sumber
informasi yang bermanfaat dalam mendorong pengembangan UMKM di Kabupaten Lahat dan yang utama dapat mengembangkan perekonomian masyarakat.”ujarnya

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat Fikriansyah,SE.M.Si menambahkan mengenai produk unggulan yang ada selaku dinas perdagangan Kabupaten Lahat sudah final dalam penyusunan rencana pembangunan industri Kabupaten Lahat.Dan berdasarkan data dan pemetaan yang ada dan berdasarkan data dari Kecamatan sudah ada industri-industri unggulan yang sudah di tetapkan.

“Mudah-mudahan nantinya dari hasil penelitian yang akan di lakukan nanti akan saling memperkuat tentang produk unggulan yang ada di Kabupaten Lahat.”tutupnya (KN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *